Bahasa Arab

Al-Muyassar Fi Ilmin Nahwi

Bismillah

Allah menurunkan Al-Quran dalam Bahasa Arab, cukuplah ini menjadi alasan paling besar bagi kita untuk mempelajari Bahasa Arab. Keistimewaan bahasa Arab disebutkan dalam Al-Qur’an lebih dari sepuluh tempat, di antaranya pada ayat,

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.
(QS. Az-Zumar: 27-28)

Ibnu Katsir rahimahullah juga menyatakan,

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

“Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

Oleh karena itu Allah nyatakan tentang bahasa Arab,

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.
(QS. Yusuf: 2)

Penuntut ilmu sejati tidaklah akan mencukupkan dirinya hanya belajar dari kitab terjemahan. Orang yang paham bahasa Arab, terutama paham kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan semakin mudah dalam memahami Islam. Ia akan mudah menggali ilmu dari ulama secara langsung atau membaca berbagai karya ulama. Sedangkan yang tidak paham bahasa Arab hanya bisa mengandalkan kitab terjemahan dan itu sifatnya terbatas.
So, This is it
Untuk kalian yang berusaha mempelajari Bahasa Arab, saya punya rekomendasi kitab yang bisa teman-teman pelajari. Al-Muyassar fii Ilmin Nahwi  karya Ust.Aceng Zakaria adalah salah satu kitab yang sering dijadikan rujukan mereka yang baru memperlajari Bahasa Arab.  Buku yang ringan untuk di pahami, padat dan jelas.
Agar teman-teman lebih merasa terbantu, teman-teman bisa simak kajian pembahasan kitab Al-Muyassar fii Ilmin Nahwi oleh Ust.Didik Suryadi.

Klik disini

Yassarallahu Lakum, Barrakallahu Fiikum

sumber :
Rumaysho.com
Radiomuslimjogja

Leave a comment